Pameran arsitektur buah kolaborasi dari Arsitektur Hijau dengan kopimanyar ini didasari oleh keinginan anggotanya untuk mengenalkan dan membangun kesadaran rasa cinta akan budaya sendiri atau kearifan lokal kepada masyarakat awam. Maka dari itulah, pada pameran kali ini kami mengangkat tema “Menilik Arsitektur Vernakular Mahakarya Nusantara” yang berlangsung dari tanggal 26 Februari 2017 hingga 1 April 2017.

Pameran Arsitektur Hijau x kopimanyar menyajikan beberapa maket-maket kampung dan rumah adat yang pernah didatangi oleh anggota Arsitektur Hijau. Maket-maket ini tidak hanya dapat dinikmati secara visual, namun juga dapat diinteraksikan langsung oleh pengunjung sehingga pengunjung dapat merasakan ruang dan keunikan mahakarya nusantara dari sisi arsitekturnya.

Rangkaian acara kolaborasi Arsitektur Hijau dan kopimanyar ini ditutup oleh acara puncak berupa talkshow dengan mengangkat tema yang sama. Talkshow ini turut mengundang tokoh yang cukup berpengaruh pada bidangnya. Diantaranya Yori Antar, arsitek Han Awal & Partners serta pendiri Yayasan Rumah Asuh, dan Sutiknyo, seorang traveler sekaligus tokoh dibalik lostpacker.com, dengan moderator Yantri Komala, anggota Arsitektur Hijau (Tatar Wirahma) yang kini menjadi researcher dan dosen Arsitektur di Universitas Matana. Pameran dan talkshow yang sudah berlangsung ini diharapkan dapat membuka perspektif baru dalam memandang keindahan arsitektur lokal asli nusantara sehingga kita dapat bersama-sama mengenal, melestarikan, dan belajar dari kearifan lokal negeri sendiri.

Kami Hadir, karena mereka ada.

Dalam menjelajah Arsitektur Vernakular nusantara, Arsitektur Hijau tidak hanya melakukan pendokumentasian semata.

Melainkan berinteraksi dan menjadi bagian dari masyarakat yang kami kunjungi. Karena pada akhirnya merekalah yang membuat kami terus bergerak dan berkreasi.